PEMENANG KEDUA LOMBA VIDEO INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT PROVINSI SULSEL

 IMPLEMENTASI BAHAN BACAAN COMIC LIFE MITIGASI BENCANA BANJIR                                                                                                                                                       

 By : Ukha_1217

 


A.   
Latar Belakang

Bencana alam merupakan peristiwa yang tidak dapat diprediksi, terkadang datang secara tiba-tiba namun ada bencana alam yang dapat dicegah seperti banjir. Rendahnya pengetahuan kebencanaan peserta didik dan kurangnya bahan bacaan di perpustakaan merupakan salah satu faktor penunjang rendahnya kapasitas peserta didik dalam menghadapi ancaman bencana sehingga perlu kerjasama pemerintah dengan masyarakat utamanya lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam pembelajaran untuk memberikan kapasitas ilmu yaitu mengenalkan dasar-dasar penyebab bencana alam banjir.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan memberi peran dalam memberikan edukasi kepada peserta didik tentang pentingnya memahami mitigasi bencana alam, mulai dari kondisi geografis wilayah, penyebab bencana dan akibat yang timbulkan serta kegiatan yang dapat dilakukan pasca bencana.

Geografi adalah ilmu yang mengkaji bumi beserta semua objeknya, termasuk fenomena alamnya yang termuat dalam materi mitigasi bencana kelas XI. Oleh karena itu seharusnya mata pelajaran geografi tidak hanya diberikan pada jenjang SMA/MA tapi juga diterapkan di SMK dan Pendidikan Khusus.

Peserta didik sepenuhnya belum memahami tentang edukasi mitigasi bencana alam bahkan belum tersedia bahan bacaan mitigasi bencana khususnya banjir di perpustakaan sekolah, oleh karena itu guru geografi mengembangkan bahan bacaan yang terpusat ke peserta didik dalam bentuk comic life mitigasi bencana banjir melalui integrasi Project Based Learning berbasis android agar menjadi sarana efektif untuk memahami daerah Pangkep yang rawan bencana banjir serta upaya dalam mengurangi risiko bencana banjir.

B.    Ide Inovasi dan Kebermanfaatan

1.               1. Ide Inovasi

Penulis menyadari betapa pentingnya diberikan pemahaman dasar-dasar mitigasi bencana kepada masyarakat utamanya peserta didik, utamanya menyangkut masalah banjir yang sering terjadi di kabupaten pangkep. Hujan yang hanya berlangsung selama 2 jam sudah bisa menggenangi beberapa ruas jalan sedalam lutut orang dewasa. Sehingga penulis sekaligus guru mata pelajaran geografi bertekad untuk memberikan pemahaman mitigasi bencana kepada peserta didik.

Inovasi dapat dilakukan di ruang kelas berkaitan dengan materi mitigasi bencana. Kegiatan pembelajaran ini tidak hanya memberikan pemahaman mitigasi bencana tapi dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan kreativitas peserta didik melalui penerapan aplikasi comic life berbasis digital yang sepenuhnya diminati oleh peserta didik. Selain itu, dengan integrasi Project Based Learning dapat membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Ide inovasinya dapat diuraikan sebagai berikut : 

1. Comic life mitigasi bencana banjir adalah sebuah pengembangan bahan bacaan yang diintegrasikan dengan Project Based Learning berbasis android menggunakan aplikasi comic life agar peserta didik lebih mudah memahami penerapan materi mitigasi bencana.

2.    Pembagian materi mitigasi bencana kepada setiap kelompok.

3.    Pengenalan aplikasi comic life berbasis android.

4.   Membuat proyek bahan bacaan comic life mitigasi bencana banjir dengan menanamkan edukasi,   seni dan pendidikan karakter, yaitu kerjasama, saling menghargai pendapat dan karya, bertukar pikiran, disiplin waktu, kerja keras untuk menyelesaikan tugas proyek tepat waktu dan kreatif.

5.  Meningkatkan minat, aktifitas, motivasi belajar peserta didik, memahami konsep materi mitigasi bencana karena dirancang sendiri oleh peserta didik.

2.                 2. Kebermanfaatan

Comic life terintegrasi dengan Project Based Learning memiliki dampak positif dalam mengubah mindset peserta didik, diantaranya : 

1) Membangun dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, karena peserta didik memahami konsep yang dipelajarinya, merancang sendiri karya melalui ide-ide kreatif mereka tanpa mengurangi nilai-nilai edukasi materi. Motivasi peserta didik terbangun karena didukung oleh aplikasi comic life itu sendiri. Buku komik menarik, menyenangkan, menggairahkan, mudah dibaca, dan merangsang imajinasi peserta didik.

2) Meningkatkan minat, aktifitas dan kreatifitas peserta didik, melalui kerjasama dalam kelompok mulai dari pengambilan foto atau gambar hingga pada menu editan sehingga proses melakukan dan mengerjakan menunjukkan ide-ide dan kreatifitas peserta didik. 3)Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. 4)Meningkatkan kolaborasi. 5)Meningkatkan keterampilan mengorganisasi proyek.

C.   Perencanaan dan Implementasi

Pengembangan bahan bacaan comic life diintegrasikan dengan Project Based Learning terpusat kepada peserta didik karena dalam membuat sebuah proyek atau karya yang berupa bahan bacaan merupakan ide dan kreativitas peserta didik menggunakan aplikasi. Sehingga literasi baca dan literasi digital peserta didik dapat meningkat sejalan dengan karya mereka. Adapun langkah-langkah pembelajaran Project Based Learning yang dilakukan adalah : 

a.     1. Pembagian Materi Mitigasi Bencana Banjir Kepada Setiap Kelompok

Guru membagi peserta didik dalam empat (4) kelompok. Materi yang diberikan antara lain : kelompok 1)Sejarah Sungai Pangkajene, kelompok 2)Faktor Penyebab Banjir di Kabupaten Pangkep, kelompok 3)Mitigasi Bencana dan kelompok 4)Pengurangan Resiko Bencana Banjir di Kabupaten Pangkep. Materi mitigasi bencana ini berdasarkan pada kompetensi dasar, indikator dan topik pembelajaran yaitu menganalisis jenis dan penanggulangan bencana alam melalui edukasi, kearifan lokal dan pemanfaatan teknologi modern.

b.    2. Pengenalan Aplikasi Comic Life Berbasis Android

Guru tidak mengalami kesulitan atau menemukan kendala yang berat dalam mengenalkan aplikasi comic lifeberbasis android kepada peserta didik karena mereka merupakan generasi digital nativeLangkah-langkah dalam pembuatan comic life mitigasi bencana :

1.     Instal aplikasi comic life atau comic stript it di App Store atau Play 

Store. Setelah proses instal selesai, klik icon buka untuk login.

2.     Jika ingin mengambil gambar langsung klik icon camera, tapi jika 

      sudah tersedia gambar atau foto di galeri klik icon bintang.

                   

3.    Selanjutnya pilih gambar atau foto yang akan digunakan. Kemudian klik tanda centang hijau (√)

              

4.    Atur posisi gambar supaya lebih rapi, kemudian klik tanda centang hijau (√). Tentukan filter atau efek yang akan digunakan dengan mengklik FX.

           

5.   Klik icon pow untuk memberi judul komik yang akan dibuat. Kemudian klik tanda centang hijau (√).

                                           

6.     Isi judul pada kolom your text here, silahkan pilih jenis font yang akan digunakan, selanjutnya klik ikon centang hijau (√).

7.     Tempatkan judul komik di tengah atas.

8.     Klik ikon new frame untuk membuat/mengedit frame selanjutnya.

9.     Lakukan langkah 3-9 untuk membuat frame selanjutnya.

10.  Setelah menyelesaikan semua frame, maka langkah selanjutnya adalah mengklik ikon balon  

     kata untuk meletakkan teks dialog, isi text percakapan pada kolom your text here, pilih jenis balon kata, kemudian klik icon centang hijau (√).

             

11.  Sesuaikan balon kata yang telah dibuat diposisi yang diinginkan. Lakukan hal yang sama jika masih ingin membuat balon kata.

12.  Untuk melakukan langkah selanjutnya klik titik tiga pada bagian atas kiri, kemudian klik ikon save strip dan untuk menshare hasil karya komik tadi klik ikon share strip.   

c.     3. Membuat Proyek Bahan Bacaan Mitigasi Bencana Banjir Comic Life Berbasis Android

Project Based Learning menggunakan aplikasi comik life untuk membuat bahan bacaan mitigasi bencana banjir ini dilaksanakan di dalam kelas dan di rumah karena proyek tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya di sekolah sehingga peserta didik mengerjakan secara berkelompok di rumah. Materi pelajaran mitigasi bencana banjir terbagi dalam lima sub pokok yang dibuat dalam bentuk cerita edukasi berbentuk komik tentang mitigasi bencana banjir. 

Masing-masing kelompok diberikan kebebasan dalam berkreasi, berkarya seperti menentukan gambar, foto, jenis font, warna dan sebagainya. Sehingga peserta didik tetap beredukasi dengan karakternya dalam proyek ini.

Tugas proyek bahan bacaan comic life mitigasi bencana banjir tidak hanya memberikan materi edukasi dan seni tapi juga menanamkan pendidikan karakter yaitu kerjasama dengan teman kelompok untuk menghasilkan karya yang terbaik, saling menghargai pendapat dan karya teman kelompok, bertukar pikiran, disiplin waktu, kerja keras untuk menyelesaikan tugas proyek tepat waktu, dan kreatif. Sehingga sangat tepat guru memberikan tugas dalam bentuk proyek.                     

D.   Hambatan dan Solusi

Adapun faktor penghambatnya adalah :

      1. Tidak semua peserta didik memiliki smartphone disebabkan karena kemampuan ekonomi. Solusinya    
          tugas proyek dikerjakan secara berkelompok.
      2.  Kegiatan proyek di rumah terkendala oleh jaringan internet. Solusinya tugas proyek dikerjakan 
          secara berkelompok di warnet atau café yang menyediakan fasilitas internet dan peserta didik juga
          bisa menggunakan wifi sekolah.
      3. Tidak semua peserta didik mampu menguasai aplikasi/software. Solusinya guru membuat grup 
          WhatsApp sehingga peserta didik bisa sharing dan bertanya melalui grup.

E.    Keberlanjutan

      Tindak lanjut dari karya inovasi yang penulis lakukan adalah :
      1.  Hasil dari karya peserta didik akan diimpor menjadi file Apk menggunakan software ispring dan 
          Html5 yang dapat diinstal oleh seluruh peserta didik, guru dan masyarakat yang membutuhkan.
      2. Karya peserta didik akan dijadikan buku komik pembelajaran dan flipbook  digital mitigasi bencana 
          banjir.
      3.  Membuat video konten pembelajaran cara membuat komik digital. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEMENANG KEDUA LOMBA VIDEO INOVASI PEMBELAJARAN TINGKAT PROVINSI SULSEL"

Posting Komentar